Air Terjun Sipiso-Piso, Air Terjun Tertinggi Di Indonesia

Air TerjunSipiso-Piso, Salah Satu Air Terjun Tertinggi Di Indonesia. Assalamualaikum MARI ngeTRIP gaes, saya tanya nih, tempat wisata apa yang paling terkenal di Pulau Sumatera khususnya Sumatera Utara? Mungkin jawabannya adalah Danau Toba, ya Danau Toba memang merupakan tempat wisata paling popular di Sumatera Utara. Namun selain Danau Toba ternyata di Sumatera Utara masih ada lokasi-lokasi wisata menarik lainnya yang sayang untuk dilewatkan. Salah satunya adalah wisata Air Terjun Sipiso-Piso.

Foto By : Saragih Erick

Lokasi Air Terjun Sipiso-Piso memang tidak jauh dari lokasi Danau Toba tepatnya di Desa Tongging, Kecamatan Merek, Kabupaten Karo, Provinsi Sumatra Utara. Air Terjun Sipiso Piso berada di sekitar tepi Danau Toba bagian utara dengan ketinggian lebih kurang 800 meter dari permukaan laut (dpl) dan dikelilingi oleh bukit yang hijau karena ditumbuhi hutan pinus. Ketinggian Air Terjun Sipiso-Piso ini berkisar 120 meter sehingga dinobatkan sebagai salah satu air terjun tertinggi di Indonesia. Dari Air Terjun Sipiso-Piso ini kita juga dapat menyaksikan pemandangan Danau Toba dari ketinggian yang tentunya akan sangat indah. Sehingga banyak juga orang yang mengatakan bahwa air terjun ini sebagai kesempurnaan antara pemandangan Danau Toba dari ketinggian dan kedahsyatan air terjun yang mengalir dari perut bumi.

Foto By : Saragih Erick

Rute untuk menuju Air Terjun Sipiso-Piso jika  berangkat dari Bandara Medan kita berjalan menuju Kabupaten Karo. Kita akan melewati 2 kota yaitu Kota Brastagi dan Kota Kabanjahe. Setelah melewati 2 kota ini ambil arah Merek. Sesampainya di Merek akan ada persimpangan. 1 arah Sidikalang dan 1 arah Siantar, ambil jalan menuju arah Siantar. Jalan beberapa  meter akan kelihatan petunjuk ke air terjun ini. Perjalanan dari Kota Medan menuju Air Terjun Sipiso-Piso memakan waktu tempuh sekitar 2 sampai 3 jam perjalanan menggunakan kendaraan pribadi. Kita akan terpesona dengan pemandangan  saat tiba di Air Terjun Sipiso-piso. Bila kita memandang ke arah Selatan kita akan melihat sebuah danau yang berwarna biru, memandang ke arah Utara ada air terjun yang bergemuruh, memandang ke arah Barat dan Timur akan terlihat pegunungan bukit yang beriringan menuruni lembah yang menuju danau. Menurut info dari teman saya untuk biaya retribusi ke Air Terjun Sipiso-Piso ini hanya sebesar 10 ribu.

Foto By : PedomanWisata

Foto By : Saragih Erick

Bila trip­-er semua penasaran ingin melihat sampai mana Air Terjun ini jatuh, trip-er bisa menuruni ratusan anak tangga ke dasar lembah. Namun, pastikan terlebih dahulu fisik Anda kuat untuk menelusuri anak tangga tersebut, karena jalannya cukup curam dan licin. Ketika kita sampai di bawah kita akan merasa terkagum-kagum. Pelangi kecil tercipta abadi di lembah tersebut, dan percikan air yang menyerupai kabut, dan hujan seolah-olah selalu turun dengan bergemuruh seperti guruh.

Foto By : magazine.happyholiday.travel

Sekian review singkat tentang salah satu air terjun tertinggi di Indonesia yaitu Air Terjun Sipiso-Piso yang terletak di Provinsi Sumatera Utara. MARI ngeTRIP dan terus lestarikan keindahan alam dan wisata Indonesia.

Related Posts:

5 Responses to "Air Terjun Sipiso-Piso, Air Terjun Tertinggi Di Indonesia"

  1. Terimakasih atas artikel anda yang menarik dan bermanfaat.
    Saya juga mempunyai tulisan yang sejenis yang bisa anda kunjungi di
    Explore Indonesia

    BalasHapus
  2. Terimaksih informasi, sumatra banyak juga ya tempat wisatanya, harus segera di ekspolo, kunjungi blog kami juga gan. Terimaksih by Dolan Yok

    BalasHapus
  3. wah keren kak ini cocok buat rekomendasi berlibur selanjutnya. apalagi tempat wisata yang ada bagus bagus

    BalasHapus
    Balasan
    1. terimakasih sudah berkunjung ke blog ini.

      mau berbagi foto/cerita ngetrip??bisa gabung bersama triper lainnya di
      FB : facebook.com/marigetrip
      IG : @maringetrip :)

      Hapus