Bukit Kapur Jaddih, Pesona Lain Dari Madura

Bukit Jaddih, Pesona Lain Dari Madura. Assalamualaikum trip-er, sesuai janji saya di posting sebelumnya yang membahas bukit tambang kapur Arosbaya (Baca: Pesona Tambang Batu Kapur Bukit Pelalangan Arosbaya) bahwa Nari NGEtrip akan membahas satu lagi tempat wisata menarik di Madura yang hampir mirip dengan Bukit Pelalangan Arosbaya, yaitu Bukit Jaddih.

Foto By : Deni

Seperti halnya bukit Arosbaya, Bukit Jaddih ini sebenarnya bukan merupakan tempat pariwisata, melainkan tempat untuk menambang batu kapur putih. namun lama kelamaan beralih fungsi menjadi lokasi wisata untuk umum walaupun tetap lada dasarnya dijadikan lokasi pertambangan batu kapur putih di wilayah Bangkalan tepatnya di Desa Jaddih.

Foto By : Deni

Lokasi Bukit Kapur Jaddih sekitar 1 – 1,5 jam atau sekitar 27 km dari pusat kota Surabaya melalui jembatan Suramadu. Rute untuk menuju lokasi Bukit Jaddih adalah bila mengendarai sepeda motor dapat mudah dijumpai dan medannya juga cukup rumit dan terjal, dapat mengambil jalur alternatif melalui jalan raya Labang, tidak perlu memuta melewati kota Bangkalan terlebih dahulu. Namun jika anda mengendarai mobil anda harus memutar terlebih dahulu melewati Bangkalan kota untuk mencapainya, dan untuk kembali pulang kea rah Surabaya, anda dapat melewati jalan alternatif jalan raya Labang namun dengan medan yang terjal atau dapat melewati jalan ketika anda berangkat kesana.

Foto By : Deni

Di lokasi Bukit Jaddih ini kita bisa melihat pemandangan yang sangat cantik dimana bukit-bukit bekas aktivitas tambang yang membentuk pola-pola yang sangat keren dengan corak warna utama yaitu warna putih seperti salju. Selain pemandangan hamparan lahan batu kapur, di Bukit Jaddih ini juga terdapat kolam renang yang bernama Goa Potte. Ada juga goa – goa bekas penambangan kapur yang terbuka lebar namun sayangnya wisatawan tidak boleh masuk sembarangan karena dikhawatirkan akan dapat runtuh sewaktu – waktu.

Foto By : Deni

Suasana di Bukit Jaddih ini sedikit berbeda dengan di Bukit Arosbaya, kalau di Bukit Arosbaya suasanaya sedikit sejuk karena masih banyak ditumbuhi pepohonan, sedangkan di Bukit Jaddih ini suasanaya lebih terik karena hampir tidak ada pepohonan, ditambah lagi  karena di Bukit Jaddih juga masih ada aktifitas pertambangan maka kondisinya jadi lumayan berdebu.

Foto By : Deni

Sama halnya dengan Bukit Arosbaya, Bukit Jadiih ini juga mulai nge­-trend­  di sosial media karena pemandangannya yang memang sangat indah. Namun yang masih disayangkan adalah akses menuju Bukit Jaddih masih cukup sulit dan rumit, karena kurangnya petunjuk arah menuju kesini dan medan menuju kesini yang sulit diakses. Kalau Bukit Jaddih mampu dikelola dengan baik, bukan tidak mungkin Bukit Jaddih bisa jadi destinasi wisata yang membanggakan bagi masyarakat Madura khususnya.

Foto By : Deni

Sekian review singkat tentang Bukit Kapur Jaddih yang ada di Madura. Mari NGEtrip dan terus lestarikan keindahan alam dan wisata Indonesia.

Related Posts:

2 Responses to "Bukit Kapur Jaddih, Pesona Lain Dari Madura"

  1. wah mantap apik bos siap di explore dah josh....

    BalasHapus
    Balasan
    1. yang penting jaga kebersihan dan keselamatan :)

      Hapus