Eksotisme Bukit Kapur Arosbaya, Arizona-nya Madura

Pesona Tambang Batu Kapur Bukit Pelalangan Arosbaya. Assalamualaikum trip-er. Mari NGEtrip ke Madura gaes, kita tidak akan membahas sate Madura di sini,hehe tapi kita akan bahas tempat wisata yang unik yang ada di Madura. Pada postingan sebelumnya Mari NGEtrip sudah membeberkan beberapa tempat wisata yang keren yang ada di Madura (Baca : Tempat Wisata Indah diMadura), namun sepertinya ada yang tertinggal, hehe. Sebab baru-baru ini di dunia maya banyak beredar foto-foto keren mengenai tempat wisata yang satu ini, yang belum kita bahas di posting sebelumnya. Adalah Bukit Pelalangan  Arosbaya yang belakangan mulai ramai diperbencingkan sebagai tempat wisata yang unik yang ada di Kota Madura.

Foto By : Deni

Bukit Pelalangan sebenarnya adalah bekas tambang batu kapur yang telah lama ada dan sampai sekarang dijadikan warga sekitar untuk menambang batu yang digunakan sebagai bahan bangunan. Sisa pahatan warga yang ada di bukit tidak sengaja membentuk sebuah relief yang sangat cantik. Selain itu warna Bukit Pelalangan berbeda dengan bukit lainnya, bukitnya berwarna emas kecoklatan. Walaupun Bukit Pelalangan Arosbaya ini merupakan bukit tambang batu kapur, bukan berarti tempat ini panas, justru sebaliknya. Di Bukit Pelalangan ini ditumbuhi oleh banyak tumbuhan paku dan dikeliling pepohonan rindang yang sangat sejuk.

Foto By : Deni

Bukit Pelalangan terletak di Desa Berbeluk, Kecamatan Arosbaya. Rute Untuk bisa mencapai lokasi bukit kapur arosbaya ini cukup mudah, pertama-tama menuju Kota Bangkalan kemudian kecamatan Arosbaya. Setelah tiba di kecamatan Arosbaya anda bisa mengikuti petunjuk jalan menuju Pesarean Aermata di Arosbaya. Semua orang pasti sudah tau lokasi ini, karena Pesarean Aermata adalah makam raja-raja Madura jaman dahulu yang hingga sekarang masih dikeramatkan dan hormati. Nah kalo sudah sampai di gerbang pesarean lihat di sebelah kanan, nanti ada jalan yang sangat kecil, bisa dibilang bukan jalan umum tapi jalan kampung atau gang. Besarnya hanya cukup untuk 1 buah mobil saja. Masuk saja ke jalan itu menembus rumah penduduk sampai keluar ke semak-semak dan tidak lama sudah kelihatan tambang kapurnya disebelah kanan. Bila menggunakan kendaraan umum dari arah Pelabuhan Kamal anda bisa naik L 300 dengan ongkos sekitar Rp. 15.000. Kemudian turun di pertigaan lampu merah Kecamatan Arosbaya dan kembali naik angkutan umum menuju Pesarean Rato Ebu. Bila anda melewati Jembatan Suramadu rute dan angkutan umum yang akan anda juga sama seperti bila dari arah Pelabuhan Kamal.

Foto By : Deni

Bila sebelumnya masih tidak ada tarif masuk ataupun tarif parkir di wisata bukit Pelalangan ini, sekarang anda dikenakan tarif parkir saja. Untuk sepeda motor sebesar Rp. 3.000 dan untuk mobil anda harus membayar tarif parkir sebesar Rp. 20.000 saja.

Foto By : Deni

Tips untuk berkunjung ke Bukit Pelalangan Arosbaya ini adalah usahakan datang saat matahari masih bersinar terang, karena cahaya matahari yang menyorot ke batu sangat berperan besar dalam memberikan tekstur 3D sehingga dinding batu tampak berkilau kemerahan dengan relief yang tampak sangat bagus. Saat menelusuri lorong-lorong di Bukit Pelalangan Arosbaya ini kita akan merasa berada di zaman sebelum masehi dengan relief-relief yang sangat keren. Ada juga yang mengatakan kalau Bukit Pelalangan Arosbaya ini mirip dengan bukit yang ada di Arizona, hanya saja jika di Arizona sana terkenal dengan bukit yang gersang namun sangat eksotis dan indah. Disini anda bisa menikmati sensasi wisata bukit lengkap dengan sejuknya suasana hutan yang masih alami. Jadi kalau ingin ke Arizona tapi belum kesampaian, mampir dulu lah ke Bukit Pelalangan Arosbaya.

Foto By : Deni


Sekian dulu ya NGEtrip kita kali ini ke Madura, ternyata masih banyak destinasi wisata di Madura yang keren. Lain kesempatan kita akan bahas juga tambang kapur yang menjadi tempat wisata juga di Madura, tunggu saja ya. Mari NGEtrip dan lestarikan keindahan alam dan wisata Indonesia.

Related Posts:

4 Responses to "Eksotisme Bukit Kapur Arosbaya, Arizona-nya Madura"

  1. padahal bekas tambang yang mungkin dulu pekerjanya nggak mikir waktu mangkas nih bukit tapi nggak taunya sekarang malah keliyatan unik dan bagus akhirnya jadi tempat wisata

    silahkan mampir - mapir silaturrahmi gan di blog ane Pergipedia.com

    BalasHapus