Air Terjun SingoKromo, Air Terjun Yang Masih Alami Di Nganjuk.

Air Terjun SingoKromo, Air Terjun Yang Masih Alami Di Nganjuk. Assalamualaikum trip-er, Mari NGEtrip ke Kota Nganjuk, kota yang dijuluki sebagai Kota Angin. Kali ini kita tidak akan membahas tentang julukan Kota Angin ini, tapi kita akan membahas tentang wisata yang ada di Kota Nganjuk. Mungkin yang sudah pernah ke Kota Nganjuk tidak asing dengan wisata Air Terjun Sedudo dan Air Terjun Roro Kuning. Namun yang akan kita bahas di sini bukan dua wisata tersebut, melainkan wisata Air Terjun Singokromo, air terjun yang masih belum banyak di kenal oleh orang.

air terjun baru nganjun singokromo
Foto By : Deni

Air Terjun SingoKromo terletak di Desa Ngliman, Kecamatan Sawahan, Kabupaten Nganjuk, Propinsi Jawa Timur. Peta dan Koordinat GPS: 7° 46′ 9.61″ S  111° 45′ 56.89″ E  . Nama SingoKromo sendiri berasal dari kata singo berarti “singa atau harimau” dan kromo yang berarti “kawin”. Konon katanya dahulu tempat ini merupakan tempat berkumpul dan kawinnya harimau di lereng Gunung Wilis, sehingga dikenal angker dan jarang ada manusia yang berani datang kemari.


air terjun baru nganjun singokromo
Foto By : Deni

Air Terjun SingoKromo berjarak sekitar 2,5 km ke arah selatan dari Kota Nganjuk atau sekitar 2 km di selatan Agro Wisata Ganter.  Jalan masuk ke Air Terjun SingoKromo ini terletak di dekat pertigaan yang jalannya menanjak 500 m dari loket masuk ke Air Terjun Sedudo. Kondisi jalan menuju ke Air Terjun SingoKromo sebagian belum diaspal, bahkan di beberapa bagian masih merupakan jalan setapak. Untuk sampai ke Air Terjun SingoKromo hanya dapat dicapai dengan kendaraan roda dua dan diperlukan sedikit ekstra tenaga karena kondisi medan yang masih alami. Bagi yang membawa kendaraan roda empat hanya sampai di tempat parkiran. Selanjutnya perjalanan diteruskan dengan berjalan kaki menyusuri jalan setapak lebih kurang 500 meter atau 15 menit hingga tiba dilokasi air terjun berada.  Namun apabila tidak ingin berjalan kaki, Anda juga bisa menggunakan jasa ojek yang banyak di temui di parkiran atau di depan jalan tanah setapak menuju ke air terjun. Biaya ojek ke Air Terjun SingoKromo sekitar Rp.10.000.

air terjun baru nganjun singokromo
Foto By : Deni

Air Terjun Singokromo memiliki ketinggian hanya sekitar 20 meter dengan debit air yang cukup besar.  Kondisi Air Terjun Singokromo masih betul-betul alami.  Air terjun ini terletak tidak jauh dari Air Terjun Sedudo lebih tepatnya di bawahnya, jaraknya lebih dekat dari pintu masuk loket obyek wisata.


air terjun baru nganjun singokromo

air terjun baru nganjun singokromo
Foto By : Deni

Demikian review singkat mengenai air terjun yang terbilang masih baru dikenal oleh wisatawan di Nganjuk. Semoga kealamian air terjun ini bisa tetap terjaga. Mari NGEtrip dan terus jaga keindahan alam dan wisata Indonesia.

Related Posts:

2 Responses to "Air Terjun SingoKromo, Air Terjun Yang Masih Alami Di Nganjuk."

  1. artikelnya bagus, ijin share di https://ksmtour.com ya, terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama2 gan,,terimakasih sudah berkunjung

      Hapus