Sungai Niyam TulungAgung Dengan Pemandangan Yang Keren

Sungai Niyama TulungAgung, Keindahan Lain Dari TulungAgung. Assalamualaikum trip-er, apa kabar? Menyambut tahun baru, sudah liburan ke mana? Kalau belum Mari NGEtrip coba kasih referensi tempat wisata yang baru juga, kali ini dari Kota TulungAgung. Mari NGEtrip mendapatkan kiriman foto dari Kak Amel yang beberapa hari lalu NGEtrip ke Sungai Niyama yang ternyata memiliki pemandangan yang sangat keren. Mari kita lihat sama-sama.

sungai niyam tulungagung



sungai niyam tulungagung
 Foto By : Camelia Amel

Sungai Niyama aslinya memang bukan merupakan tempat wisata, Sungai Niyama merupakan sungai biasa yang terletak di Kota TulungAgung tepatnya di Dusun Sidem, Desa Besole, Kecamatan Besuki, Kabupaten Tulungagung - Jawa Timur. Niyama sendiri berasala dari bahasa jepang yang mana Ni artinya dua , dan Yama artinya gunung. Di lokasi ini terdapat sebuah terowongan yang melegenda bagi warga sekitar karena terowongan ini sudah dibangun sejak jaman penjajahan Jepang. Pada masa pendudukan tentara Jepang yaitu pada tahun 1942-1945 dilaksanakan kerja paksa atau disebut dengan “Romusha” berupa pembuatan saluran dan terowongan air Niyama yang berarti Gunung Selatan untuk mengalirkan kelebihan aliran Sungai Brantas di daerah Tulungagung ke Samudera Hindia. Hal ini dilakukan sebagai upaya Jepang untuk mengendalikan banjir di Tulungagung. Namun pelaksanaannya terhenti akibat kekalahan tentara Jepang dalam Perang Dunia ke II pada Agustus 1945. Tahun 1955 daerah Tulungagung terkena banjir besar yang menelan banyak korban dan kejadian itu menimbulkan gagasan pembangunan kembali terowongan Neyama yang kemudian pada tahun 1955-1961 pembangunan terowongan Niyama tersebut diteruskan oleh Dinas Pengairan Provinsi Jawa Timur. Itulah sejarah singkat mengenai terowongan di Sungai Niyama. Selain adanya terowongan di Sungai Niyama, ternyata juga terdapat sebuah PLTA yang mengandalkan aliran air Sungai Niyama.

sungai niyam tulungagung
 Foto By : Camelia Amel

Bila trip-er ingin NGEtrip ke sana, rute untuk menuju Sungai Niyama adalah trip-er semua dari Kota TulungAgung ikuti saja petunjuk menuju ke Pantai Popoh, sama seperti saat akan menuju ke Banyu Mulok ( Baca : Bukit Banyu Mulok TulungAgung) untuk menuju Sungai Niyama ini belum ada rambu-rambu nya karena seperti yang sudah saya bilang di atas bahwa Sungai Niyama bukan merupakan tempat wisata. Setelah trip-er memasuki kawasan Pantai Popoh, trip­er lanjutkan perjalanan menuju Pantai Sidem. Setelah melewati pintu masuk Pantai Sidem ada jalan menurun yang kedua belok ke kanan, terus saja sampai menemukan rumah yang ada gubuknya, kendaraan bias di parkir di sini dan melanjutkan dengan jalan kaki yang tidak terlalu jauh. Bila trip­-er semua bingung jangan malu untuk bertanya kepada warga sekitar karena sudah banyak yang tau mengenai Sungai Niyam ini.

sungai niyam tulungagung

sungai niyam tulungagung
 Foto By : Camelia Amel

Yang perlu diperhatikan bial NGEtrip ke Sungai Niyam ini adalah, perhatikan waktu. Apabila saat musim hujan bias jadi volume air di sungai akan sangat banyak sehingga akan sangat berbahaya. Dan juga hati-hati bila ingin berfoto di sekitar sungai. Yang perlu jadi catatan adalah kondisi Sungai Niyam tidak selalu sebagus yang ada di foto ini, kadang airnya juga keruh. Jadi saat ke Sungai Niyam, berharaplah trip­-er beruntung untuk mendapatkan foto yang bagus seperti ini.


sungai niyam tulungagung
 Foto By : Camelia Amel


Demikian review singkat mengenai Sungai Niyam di TulungAgung, terimakasih untuk Kak Amel yang sudah berbagi info dan fotonya. Mari NGEtrip dan terus lestarikan keindahan alam dan wisata Indonesia.

Related Posts:

7 Responses to "Sungai Niyam TulungAgung Dengan Pemandangan Yang Keren"

  1. ini dari sudut yang mana yaa..?? aku blm lihat tmpt ini , kalo ke niyamanya tiap hari

    BalasHapus
    Balasan
    1. kesana pas musim kemarau dan pas kebetulan bagus :)

      Hapus
  2. wisata anti mainstream begini lebih asyikk ..
    jarang2 lihat sungai seindah begini .. hanya memang mesti di bulan kemarau ya .. supaya seindah foto disini

    BalasHapus
  3. Dari sidem ke barat arah PLTA itu ya
    Setelah goa sidem

    BalasHapus
  4. Dari sidem ke barat arah PLTA itu ya
    Setelah goa sidem

    BalasHapus