Tanjung Lesung, Wisata Bahari Dari Banten

Tanjung Lesung, Wisata Bahari Dari Banten. Assalamualaikum trip-er, sudah pernah NGEtrip ke Banten? Kalau belum boleh jadi setelah baca postingan Mari NGEtrip jadi tertarik untuk NGEtrip ke Banten. Pada postingan kali ini, Mari NGEtrip mendapat kiriman foto dan cerita dari Mbak Rafaziah, yang telah NGEtrip ke Tanjung Lesung dan akan berbagi cerita di mari.

Tanjung Lesung Banten
Foto By : Rafaziah

Kawasan wisata Tanjung Lesung merupakan daratan seluas 1.500 Ha yang menjorok ke laut dan memiliki bentuk seperti lesung. Di wilayah ini, terdapat pemandangan indah berupa hamparan pasir putih yang bersih dan alami. Tanjung Lesung adalah nama sebuah kampung yang dahulu bernama kampung lesung. Nama ini dibuat untuk mengenang keahlian seorang gadis bernama Sri Poh Haci yang pandai bermain lesung dan ngagondang. Menurut cerita, Sri Poh Haci adalah seorang gadis yang pandai dan menjadi pemimpin gadis di kampungnya saat bermain lesung. Suatu ketika dirinya bertemu dan jatuh cinta dengan seorang pengembara dari pesisir selatan pulau Jawa bernama Raden Budog yang datang mengembara ke kampungnya. Raden Budog jatuh cinta pada kecantikan dan kepiawaian Sri Poh Haci saat bermain lesung. Setelah keduanya menikah, Raden Budog yang senang mendengarkan alunan irama lesung, sering menonton Sri Poh Haci saat bermain lesung dan lama kelamaan merasa senang memainkan lesung hingga lupa waktu. Raden Budog yang keras kepala terus bermain lesung, termasuk pada hari jum’at yang dianggap waktu keramat dan tidak boleh bermain lesung oleh warga lokal.  Karena melanggar pantangan, Raden Budog berubah menjadi seekor lutung dan Sri Poh Haci yang merasa malu akhirnya pergi dari kampung halamannya. Oleh karena kampung Sri Poh Haci ini terletak di sebuah tanjung, lambat laun masyarakat menyebutnya sebagai Tanjung Lesung.

Tanjung Lesung Banten
Foto By : Rafaziah

Tanjung Lesung ini berada pada jarak 160 km dari Jakarta. Perjalanan dari Jakarta ke Tanjung Lesung skitar 4-5 jam. Di Tanjung Lesung ini terdapat wisata pantai, ada resortny juga untuk yang ingin menginap, gak menginappun juga bisa untuk sekedar menikmati pantai dan water sportnya. Ada beberapa kegiatan yang dapat dilakukan di Tanjung Lesung ini selain hanya menikmati pemandangan pantainya saja, seperti snorkeling, bermain jet ski, banana boat, dan masih banyak lagi.

Tanjung Lesung Banten
Foto By : Rafaziah


Itu dia ulasan tentang wisata Tanjung Lesung, terimakasih untuk Mbak Rafaziah yang sudah berbagi. Mari NGEtrip dan terus lestarikan keindahan alam dan wisata Indonesia.

Referensi : initempatwisata

Related Posts:

14 Responses to "Tanjung Lesung, Wisata Bahari Dari Banten"

  1. Thanks Mari Ngetrip sudah ngeshare pengalaman liburan saya.. :)
    Smoga bisa menjadi referensi teman2 pembaca yg ingin liburan singkat..
    --rafaziah--

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mangstaaabbbbb raniiihhhh....waryasah...!!!

      Hapus
    2. Cihuuuuy... dibalik perjalanan liburan yang berliku krn hujan dll.. tapih adah positipnye yeh bisa dishare disinih..

      Hapus
    3. sama" ,,di tunggu liburan berikutnya ya :)

      Hapus
    4. Iyah mba we..kan every journey has its own story...

      Yupss maringetrip...nanti dishare lg liburan lainnya

      Hapus
  2. Many thanks jg bwt kelian..ari julianto n uwe andaresta as a best travelmate..:)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Okey.. noh problemoh.. many thanks for u gais.. 😊

      Hapus
    2. 😊😊😘😘😍😍

      Hapus
  3. Semoga nanti qt bisa jalan2 lg bareng ke tmpt laen,itung2 bwt referensi tmn2 yg laen

    BalasHapus
  4. bagus ya kak venue nya... mantab

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyahh gas mentok...smoga bs jd referensi tmpt trip yaa :)

      Hapus