Coban Rondo, Coban Tengah, Dan Coban Manten Rangkaian Air Terjun Cantik Di Malang

Coban Rondo, Coban Tengah, dan Coban Manten di Malang. Assalamualaikum trip-er, sudah NGEtrip? Hehe. Kali ini untuk pertama kalinya Mari NGEtrip akan membahas 3 tempat wisata sekaligus, 3 tempat wisata ini semuanya ada di Malang, dan semuanya adalah wisata air terjun. Foto-foto dari tempat yang akan kita bahas ini semuanya kiriman dari Mas Andri. Langsung saja ya cekidot, hehe.

coban rondo coban tengah coban manten wisata Indonesia
Foto By : Andri

Coban Rondo, pertama yang akan kita bahas di sini adalah Coban Rondo. Coban Rondo Terletak di Desa Pandesari, Kecamatan Pujon, Kabupaten Malang, Propinsi Jawa Timur. Air terjun ini mudah dijangkau oleh kendaraan umum. Akses yang paling mudah adalah melalui jalan raya Malang-Batu dari sebelah timur atau Kediri-Pare menuju Malang dari arah barat. Karena akses yang mudah inilah Coban Rondo sudah sangat terkenal bagi warga Malang dan sekitar. Coban Rondo  memiliki ketinggian sekitar 84 m dan berada di ketinggian 1.135 meter dari permukaan laut.

Nah di atas Coban Rondo ada lagi yang namanya Coban Tengah. Coban Tengah Berjarak sekitar 5 km dari pintu loket Coban Rondo.  Waktu yang diperlukan menuju kesana sekitar 2 jam dengan melewati jalan setapak dan menyusuri aliran sungai.  Untuk menuju Coban Tengah masih sama memakai jalur menuju Coban Manten, yaitu lewat jalur sebelah Balitas atau Hotel Coban Rondo.  Dari Balitas naik sekitar 15 menit hingga tiba di rumah dinas milik Perhutani.  Disini akan dijumpai pertigaan, dimana jalur ke kiri menuju Curug Manten sedangkan jalur ke kanan ke Coban Tengah.  Dari pertigaan jalan tersebut sekitar 30 menit akan dijumpai pipa air biru-kuning.  Dari pipa ini ambil jalur bawah selama 45 menit dengan menyeberangi sungai dan menerabas semak belukar hingga tiba di lokasi coban tersebut berada.

coban rondo coban tengah coban manten wisata Indonesia

coban rondo coban tengah coban manten wisata Indonesia
Foto By : Andri

Dan yang terakhir adalah Coban Manten. Coban Manten atau dikenal juga sebagai Coban Kembar berada di ketinggian 1300 m dpl yang bisa ditempuh melalui bumi perkemahan, dengan jarak sekitar 4 km dari Coban Rondo.  Dinamakan Coban Manten karena ada dua air terjun yang berdiri sejajar layaknya pasangan pengantin di pelaminan. Tinggi airnya mencapai 85 meter, namun obyek ini biasanya hanya dikunjungi para pendaki gunung karena jalannya yang sulit, menanjak dan melewati semak belukar. Coban Manten Berjarak sekitar 4 km dari Coban Rondo ke arah hulu.  Waktu tempuh yang di[erlukan menuju kesana sekitar 2 jam.  Dari pintu masuk menuju Coban Rondo (sebelah kiri jalan tempat parkir) langsung menuju Ballitas.  Di sebelah Ballitas ini terdapat sebuah jalan menuju ke atas, ambil jalan tersebut dan ikuti sepanjang kira-kira 2 km hingga tiba areal hutan.  Kondisi jalan ini sangat licin jika musim hujan harena masih berupa jalan tanah.  Teruslah berjalan pada jalan besar, karena di beberapa titik ada percabangan dengan jalan kecil. Selanjutnya akan ditemui jalan yang memutari punggung bukit, ikuti saja jalan tersebut hingga menemukan sebuah pohon yang mempunyai tanda panah arah menuju coban tersebut berada.  Ikuti saja tersebut dan sekitar 2 km selanjutnya akan ditemui sungai yang cukup deras airnya.  Selanjutnya susuri sungai tersebut sekitar 15 menit hingga tiba di lokasi coban tersebut. Air terjun Coban Manten merupakan rangkaian air terjun (yang paling atas) dari Coban Tengah dan Coban Rondo, air terjun ini merupakan air terjun tertinggi dari ke 2 air terjun tersebut. Dalam perjalanan menuju tempat ini, memerlukan waktu sekitar 2 jam. Air terjun ini sangat direkomendasikan kepada pecinta alam maupun para penikmat alam.

coban rondo coban tengah coban manten wisata Indonesia

coban rondo coban tengah coban manten wisata Indonesia
Foto By : Andri

Nah itulah pembahasan Mari NGEtrip kali ini tentang tiga rangkaian air terjun yakni Coban Rondo, Coban Tengah, dan Coban Manten. Tertarik untuk NGEtrip ke sini? Mari NGEtrip dan terus lestarikan keindahan alam dan wisata Indonesia.


Related Posts:

3 Responses to "Coban Rondo, Coban Tengah, Dan Coban Manten Rangkaian Air Terjun Cantik Di Malang"

  1. Lama nggak hiking, tp bikin penasaran sih. Pas kemarin dibilangin teman kalo ternyata ada trilogi waterfall dari si Coban Rondo ini. Buahahaha kek pelem ajaaa trilogi.

    BalasHapus