Mengenal Budaya Toraja di Museum Ne’ Gandeng

Mengenal Budaya Toraja di Museum Ne’ Gandeng. Assalamualaikum trip-er, apa kabar nih? Semoga baik-baik saja ya. Ini lanjutan dari kiriman foto mas Erwin, kalau sebelumnya mas Erwin mengirimkan foto Air terjun Mata Buntu ( Baca : Wisata Air Terjun Mata Buntu Luwu Timur ) kali  ini yang akan Mari NGEtrip review adalah wisata Museum Ne Gandeng. Mungkin ini pertama kalinya Mari NGEtri megulas wisata museum. So, cekidot.hehe

museum ne gandeng toraja
Foto By : Erwin

Museum Ne Gandeng teletak di Desa Palangi, Kecamatan Sa'dan Balusu, Sulawesi Selatan. Untuk menuju ke Museum Ne Gandeng, trip-er akan melewati Jembatan Ne' Gandeng yang dibangun oleh Yayasan Keluarga Besar Ne' Gandeng. Ditambah lagi  pemandangan sawah di kiri-kanan jalan begitu mempesona. Petrus Pasulu, anak bungsu Ne' Gandeng dari 11 bersaudara menuturkan tempat ini awalnya merupakan tempat pelaksanaan prosesi pemakaman Ne’ Gandeng yang meninggal pada tanggal 3 Agustus 1994. 

museum ne gandeng toraja

museum ne gandeng toraja
Foto By : Erwin

Menurut Petrus, ide pembangunan tempat ini yakni manusia Toraja sangat menghormati para leluhurnya. Semasa hidup Ne' Gandeng sangat memperhatikan kehidupan masyarakat sekitar. "Bahkan Ne' Gandeng usulkan listrik masuk desa dan biayanya dari menjual kerbau," tutur Petrus. Di Museum Ne' Gandeng, trip-er akan menemukan pondok permanen yang berbentuk rumah adat Toraja. Pondok ini dimasudkan sebagai tempat menginap keluarga dan tamu yang datang melayat. Di tempat inilah, selain digunakan oleh keturunan Ne' Gandeng untuk melaksanakan prosesi pemakaman adat Toraja juga diperuntukkan bagi siapa saja warga Toraja yang ingin menggelar acara serupa.

museum ne gandeng toraja
Foto By : Erwin

Itulah sedikit ulasan tetang Museum Ne Gandeng, kita bisa bnyak belajar tentang budaya Toraja dari museum ini. Bagaimana trip­-er, tertarik untuk ngetrip dan belajar budaya ke Museum Ne Gandeng akhir pekan ini?. Mari NGEtrip dan terus lesatikan keindahan alam dan Wisata Indonesia.

Related Posts:

4 Responses to "Mengenal Budaya Toraja di Museum Ne’ Gandeng"

  1. wah kayaknya kalo menyaksikan acara pemakaman disana seru ya?

    BalasHapus
  2. wah. Toraja. impian banget nih. tahun ini lah yaa. biar g cuma baca2 ttg toraja aja. haha

    salam kenal
    hanif insanwisata(dot)com

    BalasHapus
  3. wah pernah ke toraja juga ternyata

    BalasHapus
    Balasan
    1. kiriman dari tripper yang di sana gan :)

      Hapus