Sepenggal Cinta di Curug Jenggala

Sepenggal Cinta di Curug Jenggala. Assalamualaikum trip-er, sudah ada rencana ngetrip kemana akhir pekan ini? Jika masih belum punya rencana mau ngetrip kemana, berikut Mari NGEtrip kasih referensi tempat ngetrip yang lagi ngehits di Baturraden. Nama lokasinya adalah Curug Jenggala, bagi trip-er yang tinggal di sekitar Baturraden tentunya sudah tidak asing lagi dengan Curug Jenggala ini. Apasih sebenarnya yang membuat Curug Jenggala ini ngehits? Yuk simak ulasan Curug Jenggala berikut.


Foto By : Diana

Curug Jenggala terletak di dusun Kalipagu, desa Ketenger, kecamatan Baturraden. Ketenger merupakan salah satu desa wisata karena banyaknya destinasi wisata di wilayah ini. Berada di kaki gunung slamet dengan dominasi perbukitan, sungai dengan bebatuan besar dan air terjun membuatnya banyak tujuan wisata alam di desa ini. Tetapi siapa sangka ternyata masih di wilayah baturaden terdapat beberapa surga tersembunyi. Salah satu yang sedang menjadi viral adalah Curug Jenggala. Pada awalnya Curug Jenggala diberi nama Curug tempuan. Diberi nama seperti itu karena Curug Jenggala merupakan hasil pertemuan beberapa sungai.  Setelah kesadaran masyarakat akan akan potensi wisata Curug tersebut, melalui musyawarah mufakat desa akhirnya nama air terjun itu di beri nama Curug Jenggala.

Foto By : Diana

Lokasi Curug Jenggala masih berada didalam lahan milikPerhutani KPH Banyumas Timur. Lokasi wisata Curug Jenggala pun tidak terlalu sulit untuk diakses. Rute menuju ke Curug Jenggala tidak terlalu sulit. Dari Kota Purwokerto untuk menuju ke Kalipagu trip-er bisa melewati rute untuk menuju ke kompleks wisata baturaden. Setelah sampai di baturaden perjalanan diteruskan menuju ke arah Curug Bayan atau Curug Gede-Gede. Di sisi sebuah homestay  yang berada tidak jauh dari Curug bayan terdapat satu jalan yang agak menanjak menuju ke arah  kalipagu. Lalu trip-er akan melewati sebuah portal yang disulap menjadi semacam portal retribusi wisata. Setiap pengunjung dikenakan biaya masuk sebesar 5.000 rupiah per orang.

Foto By : Rizqina

Curug Jenggala bisa di tempuh dari Kota Purwokerto sekitar 30 menit hingga 1 jam tergantung cuaca. Kalau cuaca cerah dan jalan tidak licin bisa menggunakan motor sampai parkir terdekat yang berjarak sekitar 300 meter dari lokasi Curug Jenggala. Pengendara mobil hanya bisa di parkir bawah setelah loket Kalipagu dan berjalan sekitar 1km. Jika buru-buru bisa naik ojek 5 ribu per orang. Setelah menitipkan kendaraan di rumah-rumah warga, pengunjung masih harus tracking lagi melewati jalur menuju ke Curug Jenggala sekitar 30 menit perjalanan kaki. Jalur ini sendiri masih berupa tanah liat, jadi disarankan hati-hati karena jalan akan sangat licin ketika habis hujan. Walaupun perjalanan hanya sekitar 30 menit atau sekitar 400-500 meter dengan tracking sedang. akan tetapi trip-er sebaiknya membawa bekal makan dan minum, karena sampai artikel ini ditulis jumlah pedagang di Curug Jenggala masih sangat sedikit.

Foto By : Diana

Nah yang bikin Curug Jenggala ini ngehits adalah dalah adanya Selfie Deck dengan papan kayu berbentuk hati / heart / love dengan background air terjun. Di kelilingi taman bunga yang sangat cocok untuk spot penggambilan foto atau untuk selfie. Selain itu, Curug Jenggala masih memiliki pemandangan yang alami, dengan pohon-pohon yang masih rindang Yang menambah suasana romantis di sekitar Curug Jenggala.

Sekian dulu ulasan tentang Curug Jenggala yang lagi ngehits di social media. Mari NGEtrip dan terus lestarikan keindahan alam dan wisata Indonesia.

Related Posts:

2 Responses to "Sepenggal Cinta di Curug Jenggala"

  1. Curugnya seger banget yaaa..
    Jadi pengen nyebur dan berendam manja disana..

    BalasHapus