Pesona Keindahan Teluk Hijau Banyuwangi

Pesona KeindahanTeluk Hijau Banyuwangi. Assalamualaikum trip­-er, apa kabar nih, semoga baik-baik semua ya, supaya bisa ngetrip akhir pekan ini, hehe. Pada kesempatan kali ini, mimin akan membagikan informasi tempat wisata dari Banyuwangi Jawa Timur, sebelumnya Mari NGEtrip juga pernah membahas informasi wisata dari Banyuwangi juga seperti, Air Terjun Jagir ( Baca : AirTerjun Jagir, Wisata Baru Di Banyuwangi ) , Taman Nasional Baluran ( Baca : TamanNasional Baluran, Jawa Rasa Afrika ) dan masih banyak lagi, cari saja di sini. Kali ini yang akan mimin bahas adalah Pantai Teluk Hijau (Green Bay).

Pantai Teluk Hijau Banyuwangi Mari NGEtrip
Foto By : Anan

Teluk Hijau atau Green Bay adalah objek wisata pantai yang berada dalam areal Taman Nasional Meru Betiri, Sarongan, Pesanggaran, Banyuwangi. Lokasinya berjarak sekitar 90 kilometer dari Kota Banyuwangi. Rute untuk menuju Pantai Teluk Hijau adalah Dari Kota Banyuwangi menuju ke arah selatan melewati Kabat, Rogojampi, Srono, Cluring, hingga tiba di simpang empat Desa Jajag, kemudian belok kiri. Kemudian trip-er tiba di sebuah simpang empat. trip-er dapat mengambil arah serong kiri melewati Desa Sambirejo dan Desa Seneporejo kemudian tembus di Pasar Kesilir. Atau mengambil arah lurus (melewati Desa Gambiran, Jembatan Gambiran-Bangorejo, lalu belok kiri arah Pedotan melewati Tugu Tani Gunungsari dan Monumen P. Kusno, kemudian tiba di simpang empat dan belok kanan hingga tiba di persimpangan Pedotan. Setelah itu trip-er bisa memilih mengambil arah kiri melewati Buk Putih hingga tiba di simpang empat Siliragung, atau mengambil arah terus melewati Desa Sukorejo dan Desa Kesilir dan tiba juga di simpang empat Siliragung. Dari simpang Siliragung trip-er dapat mengambil arah serong kiri meewati Kantor Camat Siliragung, Polsek Siliragung, lalu tiba di simpang empat dan belok kanan melewati Jembatan Kalibaru dan tiba di simpang empat Pasar Sanggar, atau mengambil arah lurus melewati Jembatan Siliragung-Sumbermulyo dan Jalan Ahmad Kusnan dan tiba di simpang empat Pasar Sanggar. Jika trip-er dari simpang empat Siliragung mengambil arah lurus, tiba di Persimpangan Penyu dapat langsung belok kanan tanpa melewati Pasar Sanggar, melewati jalur ini akan bertemu di satu titik (Kantor Desa Sumbermulyo) dengan pengendara dari arah Pasar Sanggar. Dari Kantor Desa Sumbermulyo belok kiri menuju Desa Sumberagung. Setelah itu trip-er tiba di Persimpangan Pancer, ambil arah lurus melewati jalur Gunung Gamping dan Perkebunan Sungailembu. Dari sini kondisi jalan masih baik hingga tiba di makam Sungai Lembu di mana sebelumnya pengendara belok kiri di Persimpangan Pabrik. Dari makam jalan lurus hingga tiba di Persimpangan Kandangan. Dari sana, trip-er dapat mengambil arah kiri melewati pemukiman warga di Desa Kandangan dan jembatan kayu Kandangan-Sarongan atau mengambil arah lurus melewati Afdeling Sumberbopong Sungailembu dan Perkebunan Sumberjambe. Kedua jalur ini akan mengarah ke Terminal/Pasar Sarongan. Dari Pasar trip-er menuju ke arah selatan melewati Gereja Pantekosta, Kantor Desa Sarongan, Dusun Besaran, Dusun Bayuran dan Dusun Rajegwesi dan tiba di pos pemeriksaan dan tiket. Dari pos trip-er dapat mengambil arah serong kiri (melewati Pantai Rajegwesi lalu belok kanan) atau mengambil arah lurus (melewati Perumahan Tsunami) hingga tiba di kawasan parkir kendaraan yang terletak di kawasan Teluk Damai. Dari sini perjalanan dilanjutkan dengan jalan kaki mendaki jalur sepanjang 1 km di bukit kecil di tiba di Pantai Batu. Dari Pantai Batu, Teluk Hijau hanya berjarak sekitar 300 meter. Total perjalanan adalah sekitar 91 km.

Pantai Teluk Hijau Banyuwangi Mari NGEtrip
Foto By : Anan

Dinamakan Teluk Hijau karena air lautnya yang cenderung berwarna hijaudi tepian karena adanya alga yang memantulkan warna hijau di permukaan perairannya kemudian membiru begitu ketengah lautan. Pantai Teluk Hijau ini masih bias dibilang sepi pengunjung karena lokasinya yang tersembunyi dan memerlukan perjuangan lumayan berat untuk mengunjungi Teluk Hijau ini, sehingga kondisinya masih sangat bersih dan terawat.Pantai Teluk Hijau ini relatif aman untuk berenang. Ombaknya tidak terlalu berbahaya.

Pantai Teluk Hijau Banyuwangi Mari NGEtrip
Foto By : Anan

Gimana trip­-er, tertarik untuk ngetrip ke Pantai Teluk Hijau ini? Selain itu, tak jauh dari Pantai Teluk Hijau ini terdapat beberapa tempat wisata lain seperti air terjun dan Pantai Batu. Jadi rasanya bila ingin NGEtrip ke Pantai Teluk Hijau ini tidak cukup kalau cuma 1 hari, mimin sarankan untuk berkemah di Pantai Teluk Hijau ini, agar puas menikmati keindahan alam di Teluk Hijau dan sekitarnya. Tambahan info untuk ngetrip ke Teluk Hijau ini trip-er akan dikenakan biaya retribusi sebesar Rp.7.500 per orang Saat di Pos Rajegwesi. Kemudian Untuk parkir motor Rp. 5.000, kendaraan roda empat Rp. 10.000 dan kendaraan roda enam Rp. 50.000.

Pantai Teluk Hijau Banyuwangi Mari NGEtrip
Foto By : Anan

Sekian dulu ya ulasan tentang Pantai Teluk Hijau, mari ngetrip ke Banyuwangi dan terus lestarikan keindahan alam dan wisata Indonesia.

Related Posts:

3 Responses to "Pesona Keindahan Teluk Hijau Banyuwangi"

  1. Banyuwangi masih dalam list tempat yang ingin saya kunjungi, tapi belum tahu kapan bisanya nih..

    BalasHapus
    Balasan
    1. semoga bisa segera terealisasi kak :)

      Like Fanspage kita ya kak : facebook.com/maringetrip

      Hapus
  2. Duuuh cantik amat sih pantainya..

    Jatim ini kayanya tempat tercantik di Pulau Jawa yah.. pantainya masih banyak yg kece..

    -Traveler Paruh Waktu

    BalasHapus